fbpx

8 Peluang Usaha Franchise Dengan Modal di Bawah 10 Juta

Bagi Anda yang ingin membuka usaha baru, seringkali dihadapkan dengan besaran modal. Tak bisa dipungkiri jika modal menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam bisnis. Namun, memiliki modal terbatas bukan berarti Anda tidak bisa membangun usaha. Saat ini, Anda bisa menemukan begitu banyak peluang usaha franchise yang menawarkan biaya yang cukup murah.

Tak tanggung-tanggung, beberapa franchisor atau pemilik brand franchise bahkan berani memberikan diskon besar. Beberapa di antara produk franchise ternama juga menawarkan biaya investasi franchise di bawah 10 juta rupiah. Namun, sebelum Anda memilih usaha waralaba, ada baiknya Anda mengikuti tips berikut ini:

Cara Memulai Usaha Franchise

Saat ingin memulai bisnis waralaba, tak hanya modal yang dipersiapkan, namun Anda juga perlu mengetahui strategi dan langkah awal membuka franchise. Berikut adalah kriteria yang mestinya Anda ikuti sebelum membuka usaha waralaba, anara lain:

Mengetahui Jenis Usaha Franchise di Indonesia

Dengan mengetahui jenis franchise, Anda akan terhindar dari berbagai resiko yang merugikan. Sebab, memilih waralaba yang tidak sesuai dengan kebutuhan berpotensi menyusahkan bisnis Anda di masa mendatang.

Maka dari itu, sebelum membeli lisensi franchise, ada baiknya jika Anda mempelajari perusahaan pemilik brand tersebut. Jangan hanya karena franchise murah, Anda salah memilih bisnis yang tepat. Belum lagi resiko penipuan berkedok franchise yang mungkin saja mengincar pengusaha pemula yang kebingungan mencari produk franchise terbaik.

Pilih Bisnis Yang Anda Kuasai

Tak cukup hanya dengan menyukai produknya, Anda juga harus menyesuaikan bisnis dengan bidang yang Anda kuasai. Tentu saja Anda ingin memiliki bisnis yang bertahan lama kan? Itulah mengapa Anda harus menyesuaikan usaha waralaba yang Anda pilih dengan skill yang Anda miliki.

Misalnya Anda gemar bertatap muka dengan orang baru, tak segan melayani orang banyak, maka bisnis franchise makanan menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Sebaliknya jika Anda tidak senang bertemu orang banyak, Anda bisa memilih bisnis yang memungkinkan Anda bekerja di belakang layar, seperti usaha jasa ekspedisi atau minimarket misalnya.

Pelajari Sistem Yang Ditawarkan

Poin ini cukup penting dan menentukan performa bisnis Anda kedepannya. Jika Anda baru pertama kali membeli lisensi franchise, ada baiknya jika Anda mempelajari betul sistem yang ditawarkan. Selain mengetahui produk yang dijual, Anda juga harus memahami detail bahan baku, sistem operasional hingga proses pembayaran yang diminta oleh pemilik brand franchise.

Pilih Lokasi Yang Menguntungkan

Bisnis franchise juga identik dengan wilayah atau lokasi. Jika Anda menjual produk franchise makanan, pilihlah lokasi strategis yang memungkinkan produk Anda mendapatkan highlight terbaik. Misalnya di depan mini market terkenal, di areal perkantoran, perumahan, sekolah atau pasar. Areal semacam ini menjadi sentra orang berlalu lalang, sehingga kemungkinan produk Anda terekspos pun semakin besar.

Siapkan Modal

Last but not least, poin terakhir ini juga cukup penting untuk diperhatikan. Walaupun menempati posisi sentral, modal yang Anda miliki juga bisa menjadi pertimbangan penting sebelum memilih usaha waralaba yang sesuai. Modal untuk membuka bisnis waralaba tak melulu harus besar. Sekarang, Anda lebih mudah menemukan begitu banyak peluang usaha franchise di Indonesia yang menguntungkan.

Daftar Peluang Usaha Franchise di Bawah Rp 10 Juta

Berikut ini merupakan beberapa peluang usaha franchise di Indonesia yang menawarkan modal di bawah Rp 10 juta, antara lain:

Produk Donat

Cemilan berkalori tinggi ini cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Produk franchise donat bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Saat ini, Anda bisa mencari begitu banyak usaha waralaba yang menawarkan produk donat kekinian.

Dokar misalnya, produk donat kekinian ini cukup unik dan menarik perhatian. Dokar menyajikan donat dengan cara dibakar ditambah berbagai toping yang menggugah selera. Biaya investasinya pun cukup terjangkau, Anda bisa membeli lisensi franchise produk ini dengan modal Rp. 7,5 juta.

Produk Roti

Siapa yang tidak suka roti? Makanan pengganti nasi ini dapat menjadi camilan kekinian yang menguggah selera. Produk roti terbilang mudah dijual dan mudah dijalankan. Dengan beragam inovasi, saat ini roti berubah menjadi salah satu peluang usaha franchise yang menjanjikan.

Selain diolah dengan cara dikukus, dipanggang atau dibakar, roti juga bisa diisi dengan berbagai topping seperti sayuran, daging, telur dadar dengan saus khusus yang nikmat. Salah satu franhise produk roti yang terkenal adalah Mr. John.

Camilan asal Singapura ini menawarkan biaya ivestasi yang cukup terjangkau. Anda bisa membuka satu unit gerai Mr. John dengan modal mulai dari Rp. 8 juta. Walaupun cukup murah, potensi penghasilan dari berjualan produk roti cukup menguntungkan. Jika Anda menjual 25 porsi roti sehari, Anda dapat menghasilkan omzet sekitar Rp. 9 hingga belasan juta per bulan.

Produk Crepes

Satu lagi cemilan kekinian yang menjadi peluang bisnis franchise yang menjanjikan. Bagi penggemar jajanan, produk crepes menjadi salah satu menu yang tidak boleh dilewatkan. Makanan renyah dengan berbagai isian nikmat ini menjadikan crepes begitu digemari banyak orang.

Salah satu produk crepes yang menawarkan sistem franchise adalah Candy Crepes. Anda bisa membeli lisensi produk ini mulai dari Rp. 6 juta tanpa dikenakan biaya royalti. Menarik bukan?

Produk Ayam Goreng

Siapa yang tidak tergoda dengan kerenyahan ayam goreng krispi? Usaha waralaba produk ayam goreng menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan di tahun 2020 ini. Dahulu, usaha franchise produk ayam goreng identik dengan modal yang besar. Namun seiring perkembangannya, banyak pemilik brand lokal yang menjual lisensi ayam goreng krispi dengan harga yang relatif terjangkau.

Franchise produk ayam goreng kekinian pun dapat dibeli dengan harga di bawah Rp. 10 juta. Salah satu produk ayam goreng krispi yang terkenal adalah Magu Magu Chicken. Franchise ini menawarkan paket kemitraan yang bisa dibeli mulai dari Rp. 4,6 juta.

Ada pula Popchick Chicken, salah satu jajanan ayam popcorn yang digemari oleh kaum milenial. Biaya kemitraan yang ditawarkan produk ini bisa Anda beli mulai Rp 7,9 juta lengkap dengan peralatan produksi dan bahan baku awal.

Produk Bakso

Siapa yang tidak suka makanan yang satu ini? Bakso bisa dikatakan sebagai makanan sejuta umat yang memiliki banyak penggemar fanatik. Siapa sangka produk bakso juga bisa menjadi peluang usaha franchise yang menjanjikan di tahun 2020 ini. Tak hanya berpotensi laris terjual, produk bakso pun menawarkan modal yang relatif terjangkau.

Salah satu produk bakso yang menawarkan sistem kemitraan adalah Bakso Benhil. Untuk membeli lisensinya, Anda cukup mengeluarkan dana mulai dari Rp. 4 juta untuk satu gerai bakso yang lengkap dengan bahan bakunya.

Produk Tahu Goreng

Satu lagi makanan sejuta umat yang berpotensi menjadi usaha menjanjikan. Hingga kini, produk olahan tahu terbilang laris di Indonesia. Makanan tinggi protein yang satu ini dapat disajikan menjadi cemilan yang nikmat.

Tak hanya berpotensi mendatangkan penjualan dengan cepat, biaya yang ditawarkan untuk membeli lisensi franchise produk tahu pun relatif terjangkau. Kuch2hotahu misalnya, produk tahu goreng renyah ini menjadi salah satu produk tahu waralaba yang terkenal di Indonesia. Untuk membeli satu gerai produk ini, Anda perlu mengeluarkan modal mulai dari Rp. 8,5 juta.

Ada pula Taw Taw Tahu, produk waralaba yang satu ini menawarkan semilan varian yang menggugah selera. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli lisensi produk ini bahkan lebih murah dari Kuch2hotahu, yaitu mula dari Rp. 4,2 juta.

Produk Pisang Goreng

Menyantap pisang goreng hangat yang renyah dan mengenyangkan sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat. Kini, produk pisang goreng telah berkembang menjadi salah satu camilan kekinian yang digemari kaum milenial.

Hal ini terlihat dari begitu banyak peluang usaha franchise yang menawarkan produk pisang goreng sebagai menu andalannya. Selain berpotensi mendatangkan lebih banyak penjualan, franchise pisang goreng juga menawarkan biaya investasi yang relatif murah.

Salah satu produk franchise pisang goreng yang terkenal adalah Pisang Nugget Kece. Untuk membeli lisensinya, Anda hanya perlu mengeluarkan modal mulai dari Rp. 5,8 juta. Soal potensi penjualan, jangan ditanya, produk pisang beraneka rasa dengan topping kekinian ini sangat digemari oleh generasi milenial. Anda bisa menghasilkan belasan juta per bulan hanya dengan berjualan pisang goreng nugget kekinian.

Produk Teh

Berjualan minuman berbahan teh menjadi salah satu peluang yang menjanjikan di Indonesia. Terang saja, prosesi ngeteh bahkan telah melekat pada budaya masyarakat Indonesia. Inilah mengapa berjualan teh dapat menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin berbisnis di tahun ini.

Produk waralaba teh pun kian beragam. Beberapa di antaranya bahkan menjadi primadona di bidang kuliner kekinian, misalnya produk cheese tea atau thai tea. Minuman manis dengan berbagai toping menarik ini sedang hits beberapa tahun belakangan.

Tak hanya digemari banyak orang, produk waralaba teh juga dapat Anda beli dengan modal yang terjangkau. Untuk satu gerai teh kekinian, Anda cukup mengeluarkan dana mulai dari Rp. 1 hingga Rp 2 jutaan.

Solusi Bisnis Waralaba

Nah, itulah beberapa peluang usaha franchise di bawah 10 juta yang bisa Anda menjanjikan di tahun ini. Sekarang, Anda tak perlu repot lagi mencari peluang bisnis waralaba terbaik. Cukup dengan satu aplikasi, Anda bisa menemukan beragam peluang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai marketplace khusus waralaba pertama di Indonesia, Ovento siap mempertemukan Anda dengan potensi bisnis yang menguntungkan. Dirancang untuk memudahkan transaksi dan legalitas usaha, Ovento menjadi media terbaik bagi pemilik brand dan investor bisnis waralaba. Temukan peluang bisnis waralaba Anda di Ovento, sekarang!

Leave a Comment